Sunday, September 2, 2012

Menulis dan Memfoto

Apa hal yang paling aku sukai dan sering aku lakukan? Jawabannya adalah menulis dan memfoto. 

Hampir setiap malam, kalau moodku bagus pastinya, aku akan menulis. Terkadang hanya satu lembar, terkadang bisa berlembar-lembar, tapi bahkan juga ada malam-malam dimana aku hanya mampu menatap kosong layar laptopku. Disaat seperti itu biasanya aku akan riuh di twitter, menulis apapun yang terlintas. Bukankah tetap terhitung menulis?

Untuk urusan foto, aku sering mencari alasan sehingga aku harus ke tempat baru atau setidaknya tempat yang saya pikir akan bagus jika saya mengabadikannya dalam bentuk foto. Terkadang kalau benar-benar ingin menjepret tetapi aku tidak kemana-mana, saya akan memberdayakan benda-benda kecil yang ada di kamar dan dengan lighting seadanya atau jika itu tidak cukup, aku akan manjat dan menikmati matahari terbenam dari atas genteng. 

Mengapa saya menyukai dua hal yang terlihat bertolak belakang? Menulis adalah merangkai cerita, mencari kata yang tepat untuk diucapkan dan melipat alur cerita sedangkan memfoto adalah mengabadikan kenyataan selugas mungkin, tanpa manipulasi, apa adanya. 

Saya menyukai keduanya karena alasan yang sederhana. 

Ada secuil masa lalu yang hadir pada setiap tulisan yang aku rangkai dan pada setiap frame yang aku abadikan. 

Untukku, foto tidak akan pernah hanya menjadi sekedar foto. Ada selipan kenangan masa lalu disana. Ada alasan mengapa aku senang mengabadikan senja dan hujan, alasan yang selalu dan akan selalu terkait dengan masa lalu. Ada alasan mengapa aku senang mengabadikan pantai, langit, bahkan kota, selalu ada alasan yang terkait dengan masa lalu untuk setiap frame yang aku abadikan.

Dan dengan menulis, aku belajar untuk berdamai dengan masa lalu. Mengingat setiap kenangan, setiap luka, setiap kebahagiaan yang terjadi di masa lalu untuk melihatnya dari perspektif yang berbeda, berdamai dengan cara menuliskannya. Menyelipkan secuil kenyataan di masa lalu pada beberapa lembar naskah yang aku tulis. Selalu ada alasan yang terkait dengan masa lalu untuk setiap kisah yang aku tuliskan.

Aku suka menulis dan aku aku suka memfoto ;)



No comments:

Post a Comment